You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bangunan Yang Terbakar di Jl Simprug Golf Disinyalir Tidak Memiliki IMB
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Bangunan yang Terbakar di Jl Simprug Golf Disinyalir Tidak Memiliki IMB

Sebagian besar bangunan yang terbakar di Jalan Simprug Golf II, RW 08, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (3/7) lalu tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Ya namanya tanah nganggur di Jakarta langsung diserobot. Makanya, dari bangunannya semua semi permanen. Yang pasti mayoritas nggak punya IMB

Lurah Grogol Selatan, Agung Wibowo mengatakan, awalnya sebuah perusahaan swasta akan membangun jalan sebagai bentuk kewajiban pengembang di lokasi itu.

"PT Berdikri punya kewajiban fasos fasum. Tadinya mereka akan membangun jalan tembus dari Jalan Asia Afrika sampai Jalan Teuku Nyak Arief. Tapi belum jadi, baru dibebasin dan itu pun pembebasannya belum tuntas antara perusahaan dengan warga," kata Agung, Kamis (7/7).

Korban Kebakaran di Simprug Berlebaran di Pengungsian

Namun, dalam perjalanan pembebasan, perusahaan tersebut bubar. Aset yang belum diserahkan ke Pemprov DKI terbengkalai dan dikuasai oleh oknum warga.

"Belum sempat bangun, jadi ditempatin. Ya namanya tanah nganggur di Jakarta langsung diserobot. Makanya, dari bangunannya semua semi permanen. Yang pasti mayoritas nggak punya IMB. Karena peruntukannya jalan, jadi nggak akan terbit IMB," ungkap Agung.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan inventarisasi terkait status kepemilikan tanah/bidang. Dan saat ini sedang dalam penelitian di tingkat kota bersama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Ada beberapa yang masih mengantongi surat. Kami koordinasi dengan pak RW untuk menginventarisir, meminta apa yang mereka punya seperti, kwitansi jual beli bangunan, girik dan sertifikat. Sekarang dalam penelitian di tingkat kota bersama BPN," tandas Agung.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1369 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1265 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1224 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1106 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye845 personFolmer